Tuesday, July 3, 2018

TENTANG MYOB VERSI 16

  1. Definisi MYOB Accounting

MYOB (Mind Your Own Business) MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (Integrated Software). Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOb Accounting versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi, dan sebagainya.

  1. Sejarah MYOB

MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting software), MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah samapai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Tahun 1996 MYOB Inc terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk mengcover pemasaran MYOB diseluruh dunia, yaitu MYOB US Inc, MYOB Canada Inc, MYOB Australia Pty Ltd, MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd, dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi singapura, hongkong dan Asia-Internasional, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
Keunggulan MYOB Accounting dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya:
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adalah sebagai berikut:
  1. Mudah digunakan (user friendly)
Dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat, MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.
  1. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai (user)
  2. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan, serta dapat menampilkan data secara cepat dan mudah.
  3. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahanaan yang telah direkomendasikan.
  4. Laporan keuangan komparasi (perbandingan), baik neraca, laporan laba rugi, maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya, serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.
  5. Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat, terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis.

  1. Kegunaan MYOB Accounting yang digunakan

Berikut kegunaan MYOB Accounting dalam kegiatan administrasi perusahaan:
  1. Alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
  2. Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
  3. Mengerti lebih dalam bisnis
  4. Membantu dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) dan pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi. Semuanya hanya dengan mengklik beberapa tombol saja
  5. Mengelola barang dagangan
  6. Memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan dll.

Peranan MYOB Accounting dalam siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
  1. Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implementasi dalam pengoperasian MYOB.
  2. Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa

  1. Cara Menginstall Software MYOB Accounting

  1. Masukan CD master MYOB ke dalam CD ROM pada PC anda
  2. Pilih MYOB Accounting dan klik Install
  3. Pilih Internasional
  4. Klik Next, Pilih Indonesia
  5. Klik Accept
  6. Pilih Typical, lalu klik Next
  7. Jika sudah selesai, klik Finish dan muncul MYOB help online.

  1. Program MYOB Accounting

    1. Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
Format tampilan tanggal dan simbol mata uang (Currency) seperti $ dan Rp mengikuti setting Windows yang digunakan. Format tanggal dan satuan mata uang dapat diubah sesuai dengan setting yang diinginkan melalui Start Menu, pilih Control Panel pilih international Setting atau Regional & language Options dilanjutkan dengan mengklik tab Data & Currency atau Regional Options.Tampilan sebagai berikut:



























  1. Fungsi- Fungsi Pada Aplikasi MYOB

Pada tampilan jendela Welcome to MYOB Premier V16
  • OPEN
Membuka Data Lama Perusahaan (Open)
Untuk membuka data perusahaan yang telah dibuat sebelumnya, maka klik OPEN. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut, klik tanda panah pada kotak Look in untuk mencari lokasi penyimpanan file. Tampilan sebagai berikut:












Kemudian klik nama filenya, lalu klik Open.
  • CREATE
Membuat Data Baru Perusahaan (Create)
Digunakan untuk membuat data akuntansi yang baru, apabila anda membuat data baru.
  • EXPLORE
Melihat Contoh Data Perusahaan (Explore)
Digunakan untuk mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu menginstal myob.
MYOB menyediakan contoh data perusahaan yang telah selesai dibuat. Klik Explore, kemudian klik ok.












  • WHAT’S NEW
Digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi baru yang belum terdapat pada program myob versi sebelumnya.
  • EXIT
Menutup Program MYOB (Exit)
Digunakan untuk keluar dari program myob. Untuk menutup program MYOB klik Exit.
Pada saat anda membuka sebuah company file, anda akan mendapatkan windows yang disebut dengan Command Centre yang merupakan pusat fungsi – fungsi yang ada di aplikasi MYOB. Terdapat 8 Command Centre yaitu Account, Banking, Sales, Time Billing, Purchase, Payroll, Inventory, dan Card File.
Untuk mengaktifkan Command Centre, Anda tinggal meng-klik pada icon Command Centre tersebut. Pada gambar dibawah ini icon yang aktif didalam Command Centre Anccount.











  • Berikut fungsi dari tiap – tiap Command Centre :
  • Account
  1. Set up akun, edit, dan menghapus akun
  2. Jurnal Umum
  • Banking
  1. Jurnal kas keluar
  2. Jurnal kas masuk
  3. Rekonsiliasi Bank
  4. Mencetak Cek
  5. Pembayaran Elektronik
  • Sales
  1. Pembuatan surat penawaran harga (quote)
  2. Pembuatan order penjualan
  3. Jurnal penjualan kredit
  4. Membuat faktur penjualan
  5. Penerimaan kas dari piutang dagang
  6. Retur penjualan
  • Time Billing
  1. Mencatat aktivitas berdasarkan waktu atau basis non-waktu
  2. Mencatat aktivitas single maupun multiple
  3. Menyiapkan invoice time billing
  • Purchase
  1. Pembuatan surat permintaan penawaran harga (quote)
  2. Pembuatan order penjualan
  3. Jurnal pembelian kredit
  4. Returr pembeliian
  5. Pembayaran utang dagang
  6. Mencetak order pembelian
  • Payroll
  1. Membuat kategori gaji
  2. Melakukan pembayaran gaji
  3. Mencetak slip gaji
  • Inventory
  1. Membuat item persediaan
  2. Men-set harga jual
  3. Perhitungan fisik persediaan
  4. Transfer inventory
  5. Jurnal penyesuaian persediaan
  6. Auto build



  • Card File
  1. Membuat data pelanggan, pemasok, pegawai, dan personal
  2. Mencetak lebel surat
  3. Membuat surat secara mail marge
  4. Membuat berbagai macam surat seperti surat perminntaan maaf, ucapan terima kasih, dan lain lainnya.
  • Flow Chart
Bagian tengah dari Command Centre disebut flowchart yang merupakan menu yang bisa diakses dari Command Centre tersebut. Flowchart berbeda tiap Command Centre. Dengan kata lain, flowchart ini adalah submenu dari Command Centre.
  • Command Panel
  1. To Do List merupakan reminder dari MYOB berisi tugas – tugas yang harus dijalankan seperti utang yang akan jatuh tempo, transaksi berulang, waktu diskon, stock yang mencapai titik minimal, dsb.
  2. Find Transaction. Fasilitas untuk pencarian transksi
  3. Reports. Menampilkan laporan yang dibuat oleh MYOB dari transaksi yang telah dicatat.
  4. Analysis. Alat bantu untuk menganalisis usaha seperti menampilkan grafik neraca, grafik laba rugi, analisis umur piutang dsb.

  1. Accounts & Linked Account

Bekerja dengan modul Account anda bisa mengaktifkan modul tersebut yang ada di jendela command centre, pada awal modul ini anda dapat memasukan beberapa informasi penting seperti pencatatan awal transaksi atau laporan keuangan suatu perusahaan, melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan suatu perusahaan, melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan berdasarkan jenis usaha yang dimiliki oleh perusahaan dan sebagainya. Tampilan modul account sebagai berikut:












Account List :
Merupakan sub menu dalam account yang berfungsi untuk mengaktifkan pembuatan rekening baru dengan membedakan antara rekening Header, Detail, dan detail Check.
Record Journal entry :
Digunakan untuk membuka jendela General Journal entry dimana kita dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum. Menu ini merupakan menu utama dalam myob yang bisa digunakan untuk mencatat semua transaksi sesuai dengan konsep jurnal umum yang dilakukan secara manual.
Transaction Journal :
Digunakan untuk membuka jendela transaction journal, dimana anda dapat melihat informasi tentang seluruh transaksi yang telah dicatat dalam jurnal sesuai dengan tanggal yang anda tentukan.
Setiap kali anda mengaktifkan salah satu modul yang terdapat pada jendela Accounts, maka akan ditampilkan command button yang berhubungan dengan modul tersebut.
  1. Accounts List
Sub menu account ini digunakan untuk menunjukan nama-nama rekening buku besar yang dipakai dalam perusahaan dengan melihat kode, nama rekening, serta level yang akan dipakai. Dalam account list ini nama rekening dikelompokkan
  1. Linked Account
Rekening dalam suatu perusahaan sangat tergantung pada kebutuhan untuk mencatat transaksi, sehingga untuk jenis perusahaan yang sama sangat mungkin memiliki jumlah rekening berbeda. Sebagian rekening dalam account list saling terkait dengan rekening lainnya (linked account), keterkaitan rekening tersebut sangat berfungsi mengkoordinasikan beberapa nomor rekening untuk penyusunan laporan keuangan, rekening yang saling terkait dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu:
    1. Account and Banking Account
    2. Sales Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan penjualan
    3. Purchase Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan pembelian
Untuk masuk kedalam kotak dialog linked account dengan cara klik menu setup, pilih linked account kemudian pilih salah satu kelompok linked account.

Akun-akun yang bisa digunakan pada linked account dan harus disesuaikan dengan link standar yang diberikan MYOB:
  • Undeposited Fund diganti dengan Kas atau Bank
  • Trade Debtors Piutang Usaha / Piutang dagang
  • Cheque Account Kas atau Bank
  • Trade Creditors Utang Usaha / Utang Dagang

  1. Mengenal Shortcut

Ketika anda menggunakan software MYOB anda bisa menggunakan mouse / shortcut / keyboard untuk melakukan perintah. Berikut ini beberapa fungsi tombol apabila anda menggunakan keyboard.


Tombol
Fungsi
Ctrl + 1
Aktifkan modul Accounts
Ctrl + 2
Aktifkan modul Banking
Ctrl + 3
Aktifkan modul Sales
Ctrl + 4
Aktifkan modul Purchases
Ctrl + 5
Aktifkan modul Inventory
Ctrl + 6
Aktifkan modul Card File
Ctrl + N
Buat file baru
Ctrl + O
Buat file yang sudah ada
Ctrl + P
Mencetak laporan
Ctrl + G
Menampilkan Record Journal Entry
Ctrl + T
Menampilkan jendela To Do List
Ctrl + Y
Find Transaction
Ctrl + D
Receive money

No comments:

Post a Comment

LAPORAN-LAPORAN

Trial Balance All Purchase ...