-
Definisi MYOB Accounting
MYOB
(Mind Your Own Business) MYOB Accounting adalah sebuah software
akuntansi yang diperuntukan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang
dibuat secara terpadu (Integrated Software). Program aplikasi
akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara
lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOb Accounting
versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki
karakteristik yang sama, yaitu pemasukan daftar akun, pengaturan
(setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada
laporan keuangan seperti neraca, labarugi, dan sebagainya.
MYOB
merupakan program computer akuntansi (accounting software), MYOB
dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu
perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan
kecil-menengah samapai perusahaan menengah-besar akan sistem
manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah
dan terjangkau. Tahun 1996 MYOB Inc terus berkembang dan bergerak
dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang
untuk mengcover pemasaran MYOB diseluruh dunia, yaitu MYOB US Inc,
MYOB Canada Inc, MYOB Australia Pty Ltd, MYOB New Zealand, MYOB UK
Ltd, dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya
versi singapura, hongkong dan Asia-Internasional, dan sekarang telah
lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
Keunggulan
MYOB Accounting dibandingkan dengan software
sejenis, diantaranya:
Beberapa
alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini
sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya
menjadi lebih cepat dan tepat adalah sebagai berikut:
-
Mudah digunakan (user friendly)
Dengan
tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat,
MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat
mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.
-
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai (user)
-
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan, serta dapat menampilkan data secara cepat dan mudah.
-
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahanaan yang telah direkomendasikan.
-
Laporan keuangan komparasi (perbandingan), baik neraca, laporan laba rugi, maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya, serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.
-
Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat, terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis.
Berikut
kegunaan MYOB Accounting dalam kegiatan administrasi perusahaan:
-
Alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
-
Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
-
Mengerti lebih dalam bisnis
-
Membantu dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) dan pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi. Semuanya hanya dengan mengklik beberapa tombol saja
-
Mengelola barang dagangan
-
Memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan dll.
Peranan
MYOB Accounting dalam siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
-
Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implementasi dalam pengoperasian MYOB.
-
Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa
-
Masukan CD master MYOB ke dalam CD ROM pada PC anda
-
Pilih MYOB Accounting dan klik Install
-
Pilih Internasional
-
Klik Next, Pilih Indonesia
-
Klik Accept
-
Pilih Typical, lalu klik Next
-
Jika sudah selesai, klik Finish dan muncul MYOB help online.
-
Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
Format
tampilan tanggal dan simbol mata uang (Currency)
seperti $ dan Rp mengikuti setting Windows yang digunakan. Format
tanggal dan satuan mata uang dapat diubah sesuai dengan setting yang
diinginkan melalui Start
Menu,
pilih Control
Panel
pilih international
Setting
atau Regional
& language Options
dilanjutkan dengan mengklik tab Data
& Currency
atau Regional
Options.Tampilan
sebagai berikut:
Pada
tampilan jendela Welcome to MYOB Premier V16
Membuka
Data Lama Perusahaan (Open)
Untuk
membuka data perusahaan yang telah dibuat sebelumnya, maka klik OPEN.
Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut, klik tanda
panah pada kotak Look
in
untuk mencari lokasi penyimpanan file. Tampilan sebagai berikut:
Kemudian
klik nama filenya, lalu klik Open.
-
CREATE
Membuat
Data Baru Perusahaan (Create)
Digunakan
untuk membuat data akuntansi yang baru, apabila anda membuat data
baru.
-
EXPLORE
Melihat
Contoh Data Perusahaan (Explore)
Digunakan
untuk mengeksplorasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu
menginstal myob.
MYOB
menyediakan contoh data perusahaan yang telah selesai dibuat. Klik
Explore,
kemudian klik ok.
-
WHAT’S NEW
Digunakan
untuk mendapatkan berbagai informasi baru yang belum terdapat pada
program myob versi sebelumnya.
-
EXIT
Digunakan
untuk keluar dari program myob. Untuk menutup program MYOB klik Exit.
Pada
saat anda membuka sebuah company file, anda akan mendapatkan windows
yang disebut dengan Command Centre yang merupakan pusat fungsi –
fungsi yang ada di aplikasi MYOB. Terdapat 8 Command Centre yaitu
Account, Banking, Sales, Time Billing, Purchase,
Payroll, Inventory, dan Card File.
Untuk
mengaktifkan Command Centre, Anda tinggal meng-klik pada icon Command
Centre tersebut. Pada gambar dibawah ini icon yang aktif didalam
Command Centre Anccount.
-
Berikut fungsi dari tiap – tiap Command Centre :
-
Account
-
Set up akun, edit, dan menghapus akun
-
Jurnal Umum
-
Banking
-
Jurnal kas keluar
-
Jurnal kas masuk
-
Rekonsiliasi Bank
-
Mencetak Cek
-
Pembayaran Elektronik
-
Sales
-
Pembuatan surat penawaran harga (quote)
-
Pembuatan order penjualan
-
Jurnal penjualan kredit
-
Membuat faktur penjualan
-
Penerimaan kas dari piutang dagang
-
Retur penjualan
-
Time Billing
-
Mencatat aktivitas berdasarkan waktu atau basis non-waktu
-
Mencatat aktivitas single maupun multiple
-
Menyiapkan invoice time billing
-
Purchase
-
Pembuatan surat permintaan penawaran harga (quote)
-
Jurnal pembelian kredit
-
Returr pembeliian
-
Pembayaran utang dagang
-
Mencetak order pembelian
-
Payroll
-
Membuat kategori gaji
-
Melakukan pembayaran gaji
-
Mencetak slip gaji
-
Inventory
-
Membuat item persediaan
-
Men-set harga jual
-
Perhitungan fisik persediaan
-
Transfer inventory
-
Jurnal penyesuaian persediaan
-
Auto build
-
Card File
-
Membuat data pelanggan, pemasok, pegawai, dan personal
-
Mencetak lebel surat
-
Membuat surat secara mail marge
-
Membuat berbagai macam surat seperti surat perminntaan maaf, ucapan terima kasih, dan lain lainnya.
-
Flow Chart
Bagian
tengah dari Command Centre disebut flowchart yang merupakan menu yang
bisa diakses dari Command Centre tersebut. Flowchart berbeda tiap
Command Centre. Dengan kata lain, flowchart ini adalah submenu dari
Command Centre.
-
Command Panel
-
To Do List merupakan reminder dari MYOB berisi tugas – tugas yang harus dijalankan seperti utang yang akan jatuh tempo, transaksi berulang, waktu diskon, stock yang mencapai titik minimal, dsb.
-
Find Transaction. Fasilitas untuk pencarian transksi
-
Reports. Menampilkan laporan yang dibuat oleh MYOB dari transaksi yang telah dicatat.
-
Analysis. Alat bantu untuk menganalisis usaha seperti menampilkan grafik neraca, grafik laba rugi, analisis umur piutang dsb.
Bekerja
dengan modul Account anda bisa mengaktifkan modul tersebut yang ada
di jendela command centre, pada awal modul ini anda dapat memasukan
beberapa informasi penting seperti pencatatan awal transaksi atau
laporan keuangan suatu perusahaan, melihat bagan akuntansi,
memisahkan laporan keuangan suatu perusahaan, melihat bagan
akuntansi, memisahkan laporan keuangan berdasarkan jenis usaha yang
dimiliki oleh perusahaan dan sebagainya. Tampilan modul account
sebagai berikut:
Account
List :
Merupakan
sub menu dalam account yang berfungsi untuk mengaktifkan pembuatan
rekening baru dengan membedakan antara rekening Header, Detail, dan
detail Check.
Record
Journal entry :
Digunakan
untuk membuka jendela General Journal entry dimana kita dapat
memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
Menu ini merupakan menu utama dalam myob yang bisa digunakan untuk
mencatat semua transaksi sesuai dengan konsep jurnal umum yang
dilakukan secara manual.
Transaction
Journal :
Digunakan
untuk membuka jendela transaction journal, dimana anda dapat melihat
informasi tentang seluruh transaksi yang telah dicatat dalam jurnal
sesuai dengan tanggal yang anda tentukan.
Setiap
kali anda mengaktifkan salah satu modul yang terdapat pada jendela
Accounts, maka akan ditampilkan command button yang berhubungan
dengan modul tersebut.
-
Accounts List
Sub
menu account ini digunakan untuk menunjukan nama-nama rekening buku
besar yang dipakai dalam perusahaan dengan melihat kode, nama
rekening, serta level yang akan dipakai. Dalam account list ini nama
rekening dikelompokkan
-
Linked Account
Rekening
dalam suatu perusahaan sangat tergantung pada kebutuhan untuk
mencatat transaksi, sehingga untuk jenis perusahaan yang sama sangat
mungkin memiliki jumlah rekening berbeda. Sebagian rekening dalam
account list saling terkait dengan rekening lainnya (linked account),
keterkaitan rekening tersebut sangat berfungsi mengkoordinasikan
beberapa nomor rekening untuk penyusunan laporan keuangan, rekening
yang saling terkait dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu:
-
Account and Banking Account
-
Sales Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan penjualan
-
Purchase Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan pembelian
Untuk
masuk kedalam kotak dialog linked account dengan cara klik menu
setup, pilih linked account kemudian pilih salah satu kelompok linked
account.
Akun-akun
yang bisa digunakan pada linked account dan harus disesuaikan dengan
link standar yang diberikan MYOB:
-
Undeposited Fund diganti dengan Kas atau Bank
-
Trade Debtors Piutang Usaha / Piutang dagang
-
Cheque Account Kas atau Bank
-
Trade Creditors Utang Usaha / Utang Dagang
Ketika
anda menggunakan software MYOB anda bisa menggunakan mouse / shortcut
/ keyboard untuk melakukan perintah. Berikut ini beberapa fungsi
tombol apabila anda menggunakan keyboard.
-
TombolFungsiCtrl + 1Aktifkan modul AccountsCtrl + 2Aktifkan modul BankingCtrl + 3Aktifkan modul SalesCtrl + 4Aktifkan modul PurchasesCtrl + 5Aktifkan modul InventoryCtrl + 6Aktifkan modul Card FileCtrl + NBuat file baruCtrl + OBuat file yang sudah adaCtrl + PMencetak laporanCtrl + GMenampilkan Record Journal EntryCtrl + TMenampilkan jendela To Do ListCtrl + YFind TransactionCtrl + DReceive money
No comments:
Post a Comment